KUNJUNGAN PEMERINTAH ACEH DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR, BAHAS SID DAN PENGELOLAAN DATA KEPENDUDUKAN

KUNJUNGAN PEMERINTAH ACEH DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR, BAHAS SID DAN PENGELOLAAN DATA KEPENDUDUKAN

Lombok Timur – Pemerintah Aceh berkunjung di Kabupaten Lombok Timur pada Selasa 17 Mei 2022. Agenda kunjungan Pemerintah Aceh adalah berbagi pengalaman implementasi SID (Sistem Informasi Desa) di Kabupaten Lombok Timur. Seperti yang diketahui bahwa Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu kabupaten yang berhasil dalam pengelolaan dan pelaksanaan SID di desa-desa.

Pada kunjungan ini telah hadir perwakilan dari Pemerintah Aceh yang terdiri dari Kadis PMG Aceh, Kadis KOMINSA Aceh, Kabid TTG DPMG Aceh, Kabid E Gov. KOMINSA Aceh, Helpdesk SIGAP Provinsi, Programmer SIGAP Provinsi, BAPPEDA Aceh, Trainer SIGAP Provinsi, Helpdesk SIGAP Kabupaten, Operator Gampong, Perwakilan Kabupaten yakni Bener Meriah, Bireun dan Aceh Besar. Hadir juga Tim Kompak terdiri dari Kompak Jakarta, Kompak Aceh dan Kompak NTB.

Rombongan Pemerintah Aceh disambut hangat oleh Pemerintah Lombok Timur yang diwakili oleh Sekda Kab. Lombok Timur, Asisten 2 Setda, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Bappeda, Forum Kepala Desa, dan Forum Penggiat SID Kabupaten Lombok Timur.

Agenda Pertama yang dilaksanakan adalah rapat dan diskusi bersama di Aula Bappeda Kabupaten Lombok Timur. Dan dilanjutkan dengan agenda kedua yakni berkunjung ke Desa Rarang Selatan sebagai desa percontohan yang telah dinilai bagus dalam pelaksanaan SID.

Rapat dan Diskusi Bersama ini dibuka oleh Kepala Bappeda (Hj. Baiq. Miftahul Wasli, SE., M.Si ), dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, oleh Sekretaris Daerah (Drs. H. Muhammad Junaidi Taofik, M. AP.), dan Kadis PMG Aceh (Drs. WARDANA, M.Si).

Dalam sambutannya, Sekda Kab. Lombok Timur menjelaskan tentang Kerjasama Pemerintah yang selama ini dengan Kompak dalam pelaksanaan SID di Kabupaten Lombok Timur. beliau juga menjelaskan tentang pentingnya motivasi desa dalam pelaksanaan SID dan berbagai manfaat SID terutama dalam penyaluran bantuan yang tepat sasaran serta pentingnya data yang valid dan akurat di desa, dalam hal ini berkaitan dengan data Dukcapil Kabupaten Lombok Timur.

Kadis PMG Aceh dalam sambutannya sangat terkesan dengan Lombok yang dikenal dengan seribu masjid. Beliau menjelaskan beberapa hal terkait pengelolaan data desa lingkup Pemerintah Aceh, salah satunya adalah Inovasi SIGAP (Sistem informasi kampong) yang dimiliki oleh Pemerintah Aceh.